Minggu, 05 Februari 2012

Toko Daging Halal Tumbuh di Kanada

Outlet daging halal tumbuh dengan pesat di provinsi Nova Scotia, Kanada, di mana mereka bersaing untuk memenuhi kebutuhan sebuah komunitas Muslim yang cukup besar dan karena itu mendapatkan ceruk pasar, bahkan di kalangan non-Muslim.

"Kami menjadi frustrasi dengan kualitas daging halal yang tersedia di sini," kata Khalil Alshanti, pemilik Taiba Halal Grocery pada The Herald Chronicle Kamis, 2 Februari.

"Kami membuka toko sebagai layanan kepada komunitas Muslim dan seiring waktu kami juga melayani beberapa non-Muslim juga."

Taiba Halal Grocery adalah salah satu toko yang dibuka tiga tahun lalu di Hilafax di Nova Scotia untuk menawarkan daging sapi, kambing, domba dan ayam yang disembelih menurut cara agama Islam.



Dijalankan oleh umat Islam untuk umat Islam, toko ini melayani komunitas Muslim yang berkembang di provinsi ini.

Alshanti dan mitra bisnisnya, Ahmad Alhamoui, membeli daging untuk toko kelontong mereka di peternakan di Upper Rawdon dan Bridgewater.

"Kami pergi ke sana dan menyembelih hewan," katanya.

"Hal utama adalah Anda tidak ingin hewan untuk mengalami shock atau trauma sebelum disembelih.

"Binatang tidak akan melihat pisau sebelum disembelih dengan sekali babatan."

Konsep halal, - yang berarti dibolehkan dalam bahasa Arab - secara tradisional telah diterapkan pada makanan. Muslim hanya boleh makan daging dari ternak yang dipotong oleh pisau tajam melalui leher mereka, dan dengan menyebut nama Allah.

Muslim di Nova Scotia sekarang diperkirakan mendekati 20.000, menyusul peningkatan jumlah mahasiswa yang berasal dari Timur Tengah.

Muslim sekitar 1,9 persen dari 32,8 juta penduduk Kanada, dan Islam adalah agama nomer dua setelah Nasrani (Protestan dan Katolik Roma).

Kompetisi

Dengan semakin meningkatnya komunitas Muslim di Nova Scotia, persaingan makanan halal telah berkembang dari waktu ke waktu.

"Keluarga saya hanya makan daging halal dan kita tahu banyak umat Islam di Cape Breton ingin restoran yang melayani daging halal," kata Ray Kassem, yang keluarganya memiliki dan mengoperasikan sebuah restoran Libanon barud i daerah Sydney.

"Kami juga memiliki banyak dukungan dari komunitas non-Muslim lokal yang benar-benar mencintai makanan seperti ini juga."

Saat ini, sjumlah toko bahan makanan daging halal bersaing di wilayah ibukota provinsi.

Mereka termasuk Bailey’s Meat Market di Bedford, House of Halal Groceries di Halifax dan TMid-East Food Centre & Cafe di Halifax utara.

Bisnis halal tumbuh berkembang pasar bahkan berpengaruh untuk peternak non-Muslim .

Mike Oulton belum pernah mendengar tentang daging halal ketika dia mulai berternak di Martock tahun yang lalu.

Tapi sekarang ini, ida merupakan bagian integral dari operasi perternakan dan Mike Oulton Meat Shop.

Salah satu karyawannya, Terry Patterson mengatakan bahwa melayani masyarakat etnis adalah bagian yang sangat kuat dari bisnis dan terus berkembang setiap tahun.

"Ada Muslim yang datang setiap Selasa dan melakukan doa dan menyembelih mereka," katanya.

"Kami memiliki sejumlah Muslim yang datang ke sini untuk mengambil daging dan kami juga melakukan pengiriman ke rumah, restoran dan toko."

[source:muslimdaily.net]

0 Komentar:

Posting Komentar

 
;